Kamis, 07 Desember 2017

Adab dalam Pelaksanaan Shalat

Adab dalam shalat
Islam hadir di dunia ini sebagai rahmat seluruh alam semesta, bukan hanya bagi kaum muslim tetapi juga bagi non muslin. Rukun islam yang kedua yaitu melaksanakan shalat 5 waktu, merupakan salah satu kebajiban seorang muslim. Berbeda dengan kewajiban lainnya, perintah shalat langsung di diterima oleh Rosulullah dari Allah Swt melaui Isra' Mi'raj. Ini menandakan seberapa pentingnya perintah shalat itu. Baca juga : kisah Isra' Mi"raj Nabi besar Muhammad Saw.
Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah [2] : 110)
Namun ternyata, pelaksanaan shalat memiliki adab-abab yang harus kita ketahui bersama demi kesempurnaan ibadah kita kepada Allah Swt, berikut hal-hal tersebut :

  1. Sempurnakanlah wudhu, ruku’, sujud dll.
  2. Usahakan agar dapat mengisi shaf pertama.
  3. Jangan buru-buru jika hendak sholat berjamaah.
  4. Nabi shollallahu ’alaihi wasallam marah kepada orang yang tidak sholat berjamaah.
  5. Orang yang menunggu shalat dicatat amalnya sebagaimana yang shalat.
  6. Hendaklah thuma’ninah (tenang dan tertib) dalam melaksanakan peragaan shalat.
  7. Allah Azza Wa Jalla akan memberikan sangsi kepada orang yang tidak sempurna shalatnya.
  8. Dalam shalat berjamaah, makmum tidak boleh mendahului atau gerakannya sama dengan imam. Jika mendahului, kelak di akhirat kepalanya akan diganti dengan kepala keledai.
Demikian adab dalam shalat sesuai dengan syariat Islam. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt.


EmoticonEmoticon