Kamis, 07 Desember 2017

Adab Makan dan Minum

Adab makan dan minum
Makan dan minum adalah dua hal yang dibutuhkan oleh seluruh manusia, bahkan makhluk yang lainnya. Nasi yang dimakan, air yang diminum adalah semuanya dijadikan oleh Allah SWT. Manusia bagaimanapun pandainya tidak bisa menciptakan beras dan air, karena itu kita harus bersyukur. 

Mengkomsumsi makanan dan minuman yang teratur baik bagi kesehatan. Apa lagi jika makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi seimbang dan tidak berlebihan maka akan terhindar dari berbagai penyakit. Dalam agama Islam sendiri melarang makan dan minum yang berlebihan. Hal itu karena Allah SWT tidak menyukai segala bentuk yang bersifat berlebihan. (sumber : merdeka.com)
Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah. (QS. Al-Baqarah: 172)
Selain itu, Islam juga sangat memperhatikan soal etika saat makan dan minum, sehingga ketika kita makan dan minum kita harus :

  1. Membaca basmalah dan berdoa sebelem makan dan minum.
  2. Duduk dengan baik, tidak boleh makan dan minum sambil berdiri.
  3. Makan dan minum dengan tangan kanan.
  4. Makan dan minum seadanya, tidak boleh mengambil makanan orang lain tanpa seizin pemiliknya.
  5. Apabila makan dan minum jangan terlalu kenyang dan tidak boleh rakus.
  6. Tidak makan sambil tiduran.
  7. Memungut makanan yang terjatuh dari tempat makanan jika masih bersih.
  8. Berdoa setelah selesai makan dan minum.
  9. Tidak boleh bernafas atau meniup ke dalam tempat minuman atau gelas.
  10. Apabila makan secara bersama-sama, kita tidak boleh melakukan hal-hal yang menjijikan orang lain, seperti: mengupil, mengorek sisa makanan tanpa ditutup, meludah, berebut makanan, berbicara hal-hal yang kotor.
Demikian adab ketika makan dan minum. Sebagai seorang muslim, kita hendaknya mengikuti etika tersebut. Semoga kita tetap dalam lindungan Allah Swt.


EmoticonEmoticon